Selasa, 09 Januari 2018

Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa): Ciri-ciri dan Manfaatnya

Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa)


Gambar tanaman mahkota dewa
Ciri-cirinya antara lain:
  1. Batang. Batang dari tanaman mahkota dewa bergetah serta terdiri dari kulit dan kayu. Batangnya berwarna hijau kalau masih muda dan yang tuanya berwarna coklat. Batang kayunya berwarna putih.
  2. Akar. Akar tanaman mahkota dewa adalah tunjang.
  3. Daun. Daun tanaman mahkota dewa adalah tunggal, berhadap-hadapan. Daunnya memiliki tangkai yang pendek, bentuk daun lonjong dan ujungnya runcing. Bagian tepi daun rata, permukaan daun licin dan tidak berbulu. Warna daun hijau tua dan memiliki panjang maksimal 10 cm, lebarnya maksimal 5 cm.
  4. Bunga. Bunga mahkota dewa akan tumbuh sepanjang tahun. Letak bunga bisa tersebar di bagian batang atau di bagian ketiak di daun. Bentuk bunga adalah tabung, warna putih, ukuran kecil juga harum. Jika diperhatikan secara seksama, mirip dengan bunga cengkeh.
  5. Buah. Buah mahkota dewa terdapat bagian kulit, cangkang, daging dan juga biji. Buahnya memiliki diameter maksimal 5 cm. Saat muda warna buahnya adalah hijau, saat masak berwarna merah. Dagingnya berwarna putih, ada serat dan kandungan air.
  6. Biji. Biji buah mahkota dewa adalah bagian dari tanaman mahkota dewa yang paling beracun. Bentuk bijinya adalah bulat dan lonjong, tekstur keras, diameternya adalah 1 cm dan warnanya cokelat. Bagian dalam biji berwarna putih sedangkan kulit biji bagian luar berwarna cokelat.
Manfaatnya antara lain:
  1. Menangkal racun. Kandungan zat alkaloid dalam buah bermanfaat untuk menangkal racun. Caranya adalah merebus buah mahkota dewa tanpa biji kemudian meminum air rebusannya selama seminggu sekali. Racun akan dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat.    
  2. Menangkal bakteri dan virus dalam tubuh. Kandungan saponin di dalam tanaman mahkota dewa bermanfaat untuk menangkal bakteri dan virus di dalam tubuh.
  3. Meningkatkan sistem imun dan mengurangi timbunan lemak. Kandungan zat saponin dalam tanaman ini juga bermanfaat untuk mengatasi kegemukan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Menjaga stamina dan meningkatkan vitalitas. Zat saponin dalam tanaman ini juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, fit, bugar, dan kuat..
  5. Menurunkan gula darah. Zat saponin didalamnya juga berkhasiat mengobati diabetes. Caranya Siapkan 5 buah mahkota dewa, iris tipis-tipis. Siapkan Air bersih sebanyak 5 gelas. Rebus mahkota dewa bersama air dan sisakan sampai setengahnya.Minum 3 kali sehari.
  6. Memperlancar peredaran darah. Zat flavonoid di dalam mahkota dewa mampu melancarkan peredaran darah, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menguatkan jantung, serta meningkatkan sistem metabolisme
  7. Anti Peradangan Zat flavonoid dalamnya juga bisa membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah peradangan
  8. Anti Alergi. Zat Polifenol dalam tanaman juga berfungsi sebagai anti histamin untuk mengatasi alergi.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mahkota_dewa
               https://manfaat.co.id/manfaat-mahkota-dewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar