Rabu, 10 Januari 2018

Sirsak / Nangka Belanda (Annona muricata): Ciri-ciri dan manfaatnya



Sirsak / Nangka Belanda (Annona muricata)

gambar tanaman sirsak

Ciri-cirinya antara lain:
  1. Batang  Pohon sirsak bisa mencapai tinggi sekitar 8-10 meter. Batang coklat berkayu, bulat, bercabang.
  2. Daun. Tumbuh menyirip, berwarna hijau kekuningan, dengan ukuran diameter kurang lebih 3cm dan panjang 7cm, daun sirsak mempunyai bau yang khas.
  3. Bunga. Bunga sirsak berwarna kuning berbau harum terletak pada batang atau ranting, daun kelopak kecil, kuning keputih-putihan,.
  4. Buah dan Biji. Buah sirsak ukurannya 20–30 cm dengan berat bisa mencapai 2,5 kg.  Kulit buah berwarna hjau bersisik dan berduri namun lunak. Daging buah sirsak lunak berambut kaya serat dan air, berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Bagian dalam biji berwarna putih sedangkan kulit biji bagian luar berwarna cokelat.
Manfaatnya antara lain:
  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Kandungan pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.
  2. Mengobati Sakit Pinggang. Rebusan daun sirsak ternyata bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang. Caranya, ambil 20 Lembar daun sirsak kemudian direbus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas serta minum 1 kali sehar 3/4 gelas.
  3. Dapat Mengobati Asam Urat. Daun sirsak juga bisa mengobati asam urat. Caranya cuci bersih daun sirsak yang sudah cukup tua tapi masih hijau, kira-kira 6 sampai 10 lembar. Selanjutnya potong-potong daun sirsak agar kandungan pada daun benar benar keluar. Rebus daun tersebut dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisah 1 gelas. Minum ramuan tersebut sehari 2 kali yaitu pagi dan malam hari.
  4. Menghilangkan Bisul.. Caranya, ambil 5 sampai 10 lembar daun sirsak yang masih muda lalu tempelkan ditempat yang terkena bisul hingga bisul mengering.
  5. Mengobati Eksim dan Rematik. Tumbuk daun sirsak sampai halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit karena rematik atau eksim secara teratur 1 hari dua kali.
  6. Manfaat daun sirsak lainnya:
-          dapat menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit, tumor dan mutasi gen,
-          membantu merileksasi otot, meredakan nyeri, menguatkan saraf dan mengurangi stres,
-          menurunkan kadar gula darah, tekanan darah tinggi, demam,
-          membantu menyehatkan jantung, membantu melebarkan pembuluh darah,
-          membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil,
-           membunuh cacing parasait, menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar